Defisini, Jenis-jenis Cargo dan Syarat Penerimaan Kargo

Definisi Kargo

Cargo/kargo adalah semua barang (goods) yang dikirim melalui armada udara (pesawat terbang), laut (kapal), atau darat (truk container) yang umumnya untuk diperdagangkan, baik antarwilayah/kota di dalam negeri maupun antarnegara (internasional) yang biasa kita dikenal dengan istilah ekspor-impor.

Apa pun jenisnya, semua barang kiriman, kecuali benda-benda pos dan bagasi penumpang, baik yang diperdagangkan (ekspor-impor) ataupun untuk keperluan lainnya (nonkomersial) yang disertai dengan dokumen pengangkutan (SMU atau Air Way Bill) dapat dikategorikan sebagai kargo.

Ada pihak utama yang terkait dengan pengiriman kargo, yaitu pihak pengirim (shipper), dan atau penerima (consignee), pihak pengangkut, dan pihak ground handling dan atau warehouse operator. Shipper bisa berupa perorangan, badan usaha, dilakukan secara langsung tanpa perantara, atau melalui jasa ekspedisi pengiriman barang yang dikenal dengan istilah freight forwarder atau ekspedisi muatan kapal laut atau ekspedisi muatan pesawat udara.

Jenisjenis Cargo

Berdasarkan eksekusi, kargo dibagi ke dalam dua golongan besar, yaitu general cargo dan special cargo. Sementara kalau berdasarkan cara pelayanan dan jenis produknya, menurut IATA AHM, kargo dibagi menjadi general cargospecial shipment (misalnya AVI, DG, LHO, HUM, VAL, VUN, PER, dan lain-lain, dan specialized cargo products (misalnya : express cargo, courier shipments, same day delivery) (Warpani, 2009:101). Adapun beberapa jenis kargo sebagai berikut:

a. General Cargo 

General Cargo , yang termasuk barang-barang kiriman biasa sehingga tidak memerlukan penanganan secara khusus, tapi tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan juga aspek safety.

Contoh barang yang dikategorikan General Cargo ialah barang-barang keperluan rumah tangga, peralatan kantor, peralatan olahraga, pakaian (garmen, tekstil) dan lain-lain.

b. Special Cargo 

Special cargo adalah barang-barang kiriman yang butuh penanganan khusus (special handling). Jenis barang ini umumnya dapat diangkut lewat angkutan udara dan harus memenuhi persyaratan dan penanganan secara khusus sesuai dengan regulasi IATA dan atau pengangkut. Barang benda atau bahan yang termasuk dalam kategori special cargo adalah AVI, DG, PER, PES PEM, HEA, dan lain-lain.

Syarat Penerimaan Kargo

Menurut IATA TACT Rules (2.3.2) Secara garis besar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerima kargo, kargo harus masuk ke dalam kategori Ready For Carriage dengan syarat seperti dibawah ini:

  1. Air Way BillAir way bill harus diisi dengan benar, sesuai dengan aturan TACT Rules 6.2.
  2. Documentation. Semua dokumen diperlukan bagi setiap kiriman harus disertai dengan dokumen-dokumen pelengkap lain yang diperlukan.
  3. Marking of paxkage. Semua kargo dari setiap kiriman harus ditandai dengan hal-hal sebagai berikut: Menunjukkan nama Consignee, nama jalan, dan alamat kota yang sama sesuai dengan MAWB.
  4. Packing. Isi dari setiap kiriman harus dikemas secara baik sesuai dengan batas normal transportasi. Dangerous goods harus dikemas berdasarkan aturan IATA Dangerous goods regulation, untuk live animal mengacu pada aturan IATA live animal regulation.
  5. Labelling of package. Label wajib benar-benar terlihat dan semua label atau tanda yang sudah lama harus diganti.
  6. Shipper declaration for dangerous goods. Dokumen ini wajib ditandatangani dan dilengkapi seperti yang sudah pada aturan IATA dangerous goods regulations.
  7. Shipper certification for live animals. Dokumen ini wajib ditandatangani dan dilengkapi seperti yang sudah pada aturan IATA dangerous goods regulations.

Demikian artikel bertema defisini, jenis-jenis cargo dan syarat penerimaan kargo disusun agar pembaca mendapatkan wawasan seputar dunia cargo ekport import. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
WeCreativez WhatsApp Support
CS untuk pengiriman barang
Customer Service
Tersedia